Powered by Blogger.
RSS

Motivasi dan Peluang Usaha

Kemajuan industri musik menjadi angin yang baik bagi wirausahawan baru yang ingin mengembangkan minat dan bakatnya di bidang musik. Dengan berwirausaha di bidang musik mimpi untuk mendapatkan perhatian dari pasar, baik remaja, dewasa, hingga orang tua pun terbuka lebar. Karena musik adalah salah satu jembatan antara yang muda dengan yang tua. Bener khan?

Selain keuntungan pasar yang besar, banyaknya usaha yang dapat dilakukan juga menjadi salah satu alasan wirausahawan baru memilih musik sebagai bidangnya. Sebut saja kursus musik, studio musik, manajer artis, sampai perusahaan label rekaman. Semuanya memiliki potensi yang besar untuk berkembang pesat dan menguntungkan. Yah, asal ingat saja tetap butuh kerja keras dan kemampuan. Kalau tidak memiliki kemampuan baik kemampuan me-manage, pengetahuan yang luas, dan kemampuan modal usaha, lebih baik belajar dan mengumpulkan kemampuan, sebelum terlambat dan akhirnya justru rugi.


Indikasi lain yang menunjukan kegandrungan masyarakat dalam bidang musik yaitu dengan perkembangan jumlah grup band. Kondisi tersebut menunjukan kegandrungan masyarakat yang antusias terhadap perkembangan musik. Kegairahan tersebut dapat didukung oleh suatu lembaga pendidikan musik untuk mendapatkan pelatihan dan pengetahuan musik lebih mendalam demi meningkatnya kemampuan baik untuk sekedar hobi maupun tujuan profesi / karir.


Beberapa penggemar musik yang membeli alat musik mempunyai kecenderungan untuk menggantikan / mengembangkan alat musiknya sesuai dengan perkembangan produk dan aksesorisnya. Potensi tersebut dapat mendukung perkembangan penjualan alat musik untuk masa yang akan datang. Selain alat musik, produk industri musik lainnya yaitu rekaman telah menjadi kebutuhan bagi sebagian besar penggemar / pendengar seni musik. Sebagai penggemar merasa harus memiliki rekaman musisi idolanya atau bahkan untuk koleksi.

Satu lagi, usaha musik tidak memandang umur. Bahkan kalian yang mungkin ngga punya pengalaman kerja dan masih sekolah, juga bisa berwirausaha di bidang musik. 

Nah, jadi banyak peluang dong kalau mau berusaha di bidang musik. Dan kalau diperhatikan, usaha di bidang musik lebih menuntut ke-enjoy-an dari wirausahawannya. Karena musik itu dari hari, ada jiwanya, jadi yang mau berwirausaha di bidang musik setidaknya memang cinta sama musik.

Hidup musik :)


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment